Minggu, 09 Desember 2018

Peripheral Komputer

Apa itu peripheral komputer?

Pengertian

Sebuah perangkat tambahan yang di hubungkan ke suatu komputer untuk menambah kegunaan suatu komputer.

Peripheral komputer merupakan perangkat yang terhubung ke komputer tetapi bukan bagian dari inti arsitektur komputer. Adapun elemen inti sebuah komputer adalah CPU, Power supply, motherboard.

Secara teknis, segala sesuatu selain ketiga komponen inti di anggap sebagai perangkat peripheral. Namun hal ini merupakan pandangan yang agak terbatas karena beberapa elemen lainnya juga di perlukan agar komputer benar-benar berfungsi, misalnya harddisk drive dan RAM.

Kebanyakan orang menggunakan istilah peripheral komputer yang lebih umum di tujukan untuk perangkat yang berada di luar case komputer. Jadi intinya peripheral komputer yaitu perangkat tambahan(di luar case komputer) yang di hubungkan ke komputer agar kinerja komputer lebih maksimal.

Jenis-jenis perangkat peripheral

Ada banyak perangkat peripheral yang berbeda, tetapi dapat di bagi ke dalam tiga kategori umum sebagau berikut :

1. Perangkat input device, seperti mouse, keyboard, dll

Perangkat input adalah bagian dari perangkat keras komputer yang digunakan untuk menyediakan data dan sinyal kendali ke komputer.

2. Perangkat output, seperti monotor, printer, dll 

Perangkat output adalah bagian dari perangkat keras komputer yang menggunakan data dan perintah dari komputer Anda untuk melakukan suatu tugas.

Dengan perangkat output, hasil pengolahan data yang dilakukan oleh sistem pengolah informasi seperti komputer yang mengubah informasi yang dihasilkan secara elektronik menjadi bentuk yang dapat dibaca manusia.

 3. Perangkat Penyimpanan, seperti hard disk drive, dsb

Perangkat penyimpanan adalah perangkat keras komputasi yang digunakan untuk menyimpan, memetakan dan mengekstrak file data dan objek.

Perangkat penyimpanan dapat menyimpan informasi baik untuk sementara maupun permanen, dan dapat bersifat internal atau eksternal ke komputer, server atau perangkat komputasi sejenisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar