Minggu, 09 Desember 2018

Perbedaan RAM dan ROM

RAM vs ROM

Ketika membicarakan suatu komputer maka anda akan sering mendengar istilah RAM dan ROM. Mungkin tidak banyak yang mengerti apa perbedaanya, bukankah keduanya sama – sama memory? Semakin besar komputer semakin cepat / kuat? Perbedaan utamanya adalah RAM adalah penyimpanan yang datanya selalu berubah, sedangkan ROM tidak.

Pengertian RAM dan ROM

RAM (Random Access Memory) adalah merupakan memori yang tersedia untuk sistem operasi, program dan digunakan untuk menjalankan proses komputer saat sedang berjalan. Sedangkan ROM (Read Only Memory) adalah merupakan memori yang ada di komputer  untuk bisa dijalankan saat akan menjalankan proses booting-up komputer dan biasanya proses akan berjalan sesuai dengan instruksi yang ada di komputer.

Perbedaan Ram dan ROM

RAM membutuhkan aliran listrik untuk bisa menjalankan data, sebagai contoh adalah saat komputer dinyalakan atau dihidupkan. Sementara itu ROM akan tetap menyimpan data tanpa adanya aliran listik, sebagai contoh misal saat komputer dimatikan, data dalam ROM tidak hilang.
Perbedaan lainnya adalah RAM adalah merupakan jenis memori dimana data yang ada di RAM tidak secara permanen akan disimpan. Sebagai contoh adalah saat kita mematikan komputer kita maka data yang kita simpan di RAM akan dihapus.
Sementara untuk ROM adalah merupakan jenis memori yang secara permanen akan tetap tersimpan. Sebagai contoh adalah saat kita mematikan komputer kita maka memori tidak akan terhapus.
Perbedaan lainnya yang ada antara ROM dan juga RAM adalah meliputi yaitu adalah sebuah chip dari ROM biasanya digunakan untuk proses start-up komputer, sementara dari sisi chip RAM biasanya digunakan dalam operasi normal saat sedang menjalankan komputer atau laptop setelah masuk dari proses loading sistem operasi.
Saat menjalankan data melalui chip ROM biasanya melalui proses yang lambat, sementara saat menjalankan data melalui chip RAM biasanya melalui proses yang cukup cepat. Sebuah chip RAM biasanya dapat menyimpan dalam satuan gigabyte. Sementara dari chip ROM biasanya hanya menyimpan beberapa megabyte (mb) data sampai 4MB atau lebih dalam perchipnya.
Contoh yang bisa terlihat dari ROM adalah merupakan BIOS Komputer, chip dari PROM biasanya untuk menyimpan pemrograman yang diperlukan untuk bisa memulai dari proses komputer awal saat sedang berjalan. Prosesnya adalah untuk bisa menjalankan dari start up yang ada di perangkat komputer atau laptop. Chip dari ROM juga biasanya digunakan untuk menjalankan program permainan yaitu adalah seperti dari Nintendo, game boy, sega genesis dan juga permainan games lainnya.
Permainan game cartridge biasanya menyimpan permainan dalam bentuk chip ROM yang biasanya ada pada chip ROM dan dibaca oleh konsol permainan saat cartridge dimasukkan ke dalam konsol.
Sementara dari jenis media tipe ROM yang tertua yaitu adalah ditemukan di tahun 1932. Media ROM adalah merupakan jenis penyimpanan yang masih digunakan dan akan terus diperbaiki untuk bisa meningkatkan kinerja dan juga kapasitas penyimpanan. Sementara dari sisi RAM juga digunakan dalam perangkat komputer untuk bisa menjalankan program, menyimpan informasi di komputer atau laptop kita. Sebagai contoh adalah saat kita menjalankan program di komputer atau laptop seperti browsing internet dan aktivitas lainnya.
Sementara untuk dari sisi chip RAM, informasi dan juga data yang tersimpan akan bisa hilang  saat komputer dimatikan. Jenis lain yang juga umum dari chip ROM adalah berupa aplikasi BIOS yang mempunyai peran saat menjalankan pengujian serta powering up hardware.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar